ads

9 Mitos tentang Diet Rendah Karbohidrat

7. Ketosis adalah keadaan metabolisme yang berbahaya

Ada banyak yang bingung tentang ketosis.

Ketika kamu makan sangat sedikit karbohidrat  seperti kurang dari 50 gram per hari, kadar insulin kamu turun dan banyak lemak dibuang dari sel-sel lemak.

Ketika hati kita dibanjiri dengan asam lemak, diet ini bisa mengubahnya menjadi asam. 

Ini adalah molekul yang dapat melintasi penghalang darah-otak, yang memasok energi untuk otak selama kelaparan atau ketika kita tidak makan karbohidrat apa pun.

ads

Banyak orang bingung dengan “ketosis” dan “ketoasidosis.”

keadaan metabolisme berbahaya terutama terjadi pada diabetes tipe 1. Ini melibatkan aliran darah dibanjiri dengan asam dalam jumlah besar,ini bisamengubah darah menjadi asam.

Ketoasidosis adalah kondisi yang sangat serius dan bisa berakibat fatal.

Namun, ini sama sekali tidak terkait dengan ketosis yang disebabkan oleh diet rendah karbohidrat, yang merupakan keadaan metabolisme yang sehat.

Sebagai contoh, ketosis telah terbukti memiliki efek sungguhan pada epilepsi dan sedang dipelajari untuk mengobati kanker dan penyakit otak seperti Alzheimer.

RINGKASAN

Diet yang sangat rendah karbohidrat menyebabkan kondisi metabolik ketosis yang menguntungkan. Ini tidak sama dengan ketoasidosis, yang berbahaya tetapi hanya terjadi pada diabetes tipe 1.

ads

8. Otak Anda membutuhkan karbohidrat agar berfungsi

Banyak orang percaya bahwa otak  tidak dapat berfungsi tanpa karbohidrat.

Ada yg bilang bahwa karbohidrat adalah bahan bakar pilihan untuk otak  dan membutuhkan sekitar 130 gram karbohidrat per hari.

Ini sebagian benar. Beberapa sel di otak kita tidak dapat menggunakan bahan bakar selain karbohidrat dalam bentuk glukosa.

Namun, bagian lain dari otak kita juga mampu menggunakan asam.

Kalau karbohidrat dikurangi cukup untuk menginduksi ketosis, maka sebagian besar otak kita berhenti menggunakan glukosa dan mulai menggunakan asam sebagai gantinya.

Konon, bahkan dengan kadar asam tinggi, beberapa bagian otak kamu masih membutuhkan glukosa.

Pada saat ini lah metabolisme yang disebut asam amino menjadi penting. Saat kamu tidak makan karbohidrat, tubuh dan sebagian besar hati dapat menghasilkan glukosa dari protein dan produk sampingan dari metabolisme lemak.

Oleh sebab itu, karna ketosis dan asam amino,kamu tidak perlu karbohidrat untuk mengisi bahan bakar otak.

ads

Setelah fase adaptasi awal, banyak orang merasa fungsi otak yang lebih baik pada diet rendah karbohidrat.

RINGKASAN

Pada diet rendah karbohidrat, sebagian otak dapat menggunakan asam sebagai bahan bakar. Tubuh kemudian dapat menghasilkan sedikit glukosa yang masih dibutuhkan bagian lain dari otak.

9. Mereka menghancurkan kinerja fisik

Kebanyakan atlet makan makanan tinggi karbohidrat, dan banyak orang percaya bahwa karbohidrat sangat penting untuk kinerja fisik.

Mengurangi karbohidrat memang mengarah pada penurunan kinerja pada awalnya.

Namun, ini biasanya hanya sementara. Butuh waktu beberapa saat bagi tubuh  untuk beradaptasi dengan membakar lemak alih-alih karbohidrat.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat baik untuk kinerja fisik, terutama latihan daya tahan, kamu harus mempersiapkan diri beberapa minggu untuk beradaptasi dengan diet. 

Studi lain menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat menguntungkan massa dan kekuatan otot.

RINGKASAN

Diet rendah karbohidrat tidak merusak kinerja fisik bagi kebanyakan orang. Namun, dibutuhkan beberapa minggu bagi tubuh untuk beradaptasi.

Garis bawah

Diet rendah karbohidrat  memiliki manfaat kesehatan yang kuat. sangat efektif untuk orang dengan obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2.

Meskipun demikian,diet ini bukan untuk semua orang.

ads

Namun, banyak gagasan umum tentang makan rendah karbohidrat tidak benar.

ads 2

Tinggalkan komentar